You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.

Sistem Informasi Desa Mekarlaksana

Kec. Cikancung, Kab. Bandung, Prov. Jawa Barat
Info
Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Desa Mekarlaksana Kecamatan Cikancung Kabupaten Bandung Menuju Desa Yang Maju dan Berdaya Saing

Padat Kaya Tunai (PKT) Pembangunan Jalan Usaha Tani


Padat Kaya Tunai (PKT) Pembangunan Jalan Usaha Tani

Mekarlaksana  Pembukaan jalan usaha tani (JUT) di Desa Mekarlaksana Kecamatan Cikancung, Jalan itu memudahkan petani untuk mengangkut hasil bumi.

Kepala Desa Mekarlaksana H.JAJANG SURYADI, S,Sos mengatakan, JUT dianggarkan oleh pemerintah desa melalui anggaran Dana Desa sebagai prasarana transportasi di kawasan pertanian untuk memperlancar seluruh aktivitas pertanian. Mulai saat masa tanam, pengangkutan pupuk ke tegalan hingga mengangkut hasil produk pertanian dari lahan menuju tempat pengolahan.

Rencana pembukaan JUT muncul 2020. Saat itu, sejumlah petani harus berjalan kaki sekitar dua kilometer untuk mengangkut hasil panennya menuju jalan yang bisa diakses kendaraan.

”Lahan pertaniannya luas. Yang lahannya di ujung dipikul hasil panennya dan jalan sekitar 1 kilometer. Waktu ngangkut pupuk juga gitu,” kata dia Minggu (29/8).

Petani harus menerabas lahan pertanian yang berupa tanah. Pernah juga akses jalan tanah itu ambles hingga selutut petani.

Atas kondisi itu, program JUT dirancang. Antusias warga sangat tinggi. Sejak 2015 hingga kini pihaknya menganggarkan dana desa untuk pembangunan JUT setiap tahun.

Kades merinci lahan pertanian itu berada di Dusun Gorowek, Mekarlaksana. Namun, lahan itu dimanfaatkan oleh seluruh warga Desa Mekarlaksana Tanaman pokok yang ditanam adalah kebun.untuk membuka wisatawan untuk langsung berhadapan langsung dengan Petani sambil melihat indahnya awan bergumpal diatas kota bandung.

Bagikan artikel ini:
Komentar