• Jl. Djaya Dikarta Mekarlaksana No.01 Cikancung-Bandung
  • Mekarlaksana2007@gmail.com
INFO
  • Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Desa Mekarlaksana Kecamatan Cikancung Kabupaten Bandung
  • Menuju Desa Yang Maju dan Berdaya Saing

Sejarah Desa Mekarlaksana

03 Januari 2020 Dibaca 13.819 Kali

Desa Mekarlaksana Berasal dari 2 kata, yaitu dari kata Mekar dan Laksana, Mekar artinya tumbuh atau berkembang dan Laksana artinya nyata, Dengan demikian Mekarlaksana adalah Desa yang tumbuh atau berkembang dengan nyata.

Desa Mekarlaksana adalah hasil pemekaran dari Desa Cihanyir sebagai desa induk. Pada tahun 1984 lahirlah Desa Mekarlaksana yang dipimpin oleh Sdr DAYAT HIDAYAT sebagai kepala desa pertama di Desa Mekarlaksana sampai dengan tahun 1990.

Pada Tahun 1991 sampai dengan 1992 Desa Mekarlaksana di pimpin oleh pemerintahan Kecamatan Cikancung, sedangkan untuk selanjutnya di pimpin kembali oleh seorang Kepala Desa melalui proses pemilihan Kepala Desa yaitu oleh Sdr AHMAD SOLIHIN sampai dengan tahun 1998.

Setelah berakhirnya masa jabatan Kepala Desa Sdr AHMAD SOLIHIN, selanjutnya pada tahun 1999 Desa Mekarlaksana kembali melaksanakan Pemilihan Kepala Desa yang menghasilkan seorang Kepala Desa perempuan pertama dalam sejarah Desa Mekarlaksana yaitu Sdr SITI SADIAH GUSTINI yang memimpin sampai dengan tahun 2005.

Setelah berakhirnya masa jabatan Kepala Desa Sdr SITI SADIAH GUSTINI, selanjutnya pada tahun 2005 sampai dengan 2007 Pemerintah Desa Mekarlaksana di Pimpin oleh Pejabat Sementara (PJS) yaitu Sdr T A T A N G Selaku Sekretaris Desa Mekarlaksana.

Selanjutnya pada Tahun 2007 Desa Mekarlaksana kembali melaksanakan Pemilihan Kepala Desa yang menghasilkan seorang Kepala Desa yaitu Sdr JAJANG SURYADI yang memimpin sampai dengan tahun 2012.

Setelah berakhirnya masa jabatan Kepala Desa Sdr JAJANG SURYADI, selanjutnya pada tahun 2012 Desa Mekarlaksana kembali melaksanakan Pemilihan Kepala Desa yang menghasilkan seorang Kepala Desa yaitu Sdr C A C A yang memimpin sampai dengan tahun 2018.

Setelah berakhirnya masa jabatan Kepala Desa Sdr C A C A, selanjutnya pada tahun 2019 Pemerintah Desa Mekarlaksana di Pimpin oleh Pejabat Sementara (PJS) yaitu Sdr ASEP SAEPUL BAHRI Selaku PNS dari Kecamatan.

Selanjutnya Tahun 2019 Desa Mekarlaksana kembali melaksanakan Pemilihan Kepala Desa yang menghasilkan seorang Kepala Desa yaitu Sdr H. JAJANG SURYADI, S.Sos yang memimpin sampai dengan sekarang ini.

Letak dan luas wilayah Desa

Desa Mekarlaksana merupakan salah satu dari 9 (sembilan) desa di wilayah Kecamatan Cikancung Kabupaten Bandung, yang terletak sekitar 3 kilometer ke arah timur dari kota kecamatan. Desa Mekarlaksana  mempunyai luas wilayah ± 717.4384 Ha.

Batas-Batas Desa

Sebelah Barat       : Desa Cililuk Kec Cikancung Kab. Bandung

Sebelah Timur      : Desa Rancasalak dan Desa Jangkurang Kec. Leles Kab. Garut

Sebelah Utara       : Desa Cihanyir dan Desa Cikancung Kec. Cikancung Kab. Bandung

Sebelah Selatan    : Desa Srirahayu Kec Cikancung dan Desa Drawati Kec. Paseh Kab. Bandung

Pembagian Wilayah Desa

Desa Mekarlaksana Dibagi menjadi 4 (Empat) Wilayah Dusun Dengan demikian Pembagian wilayah Desa Mekarlaksana terdiri dari :

  1. 4 Dusun
  2. 9 Rukun Warga (RW)
  3. 34 Rukun Tetangga (RT)

Demikian selanyang pandang atau sejarah singkat Desa Mekarlaksana yang dapat kami sampaikan kepada para pegiat Medsos, semoga dapat bermanfaat untuk kita semua, terima kasih.

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)
Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)
CAPTCHA Image
Isikan kode di gambar